Minggu, 22 Oktober 2017

HONDA Accord Cielo

HONDA Accord SV4 (Cielo)


Mercedez benz nya jepang itulah julukan yang cocok buat medium sedan dari Honda ini, yaitu Honda Accord sv4 atau biasa disebut Accord Cielo.
Dengan dimensi yang termasuk bongsor dikelasnya dan kenyamanan serta kekedapan kabin di kelasnya mobil ini memang pantas dijuluki mercedez benz nya jepang.
Yaaa… walaupun mobil ini pertama megaspal di Indonesia sudah sejak tahun 1993 akhir sampai dengan 1998 awal dengan mengalami 1x facelift, akan tetapi desain body mobil ini tetap terlihat manis dan mewah mengingat umurnya yang 20 tahun lebih tapi tetap bisa bersaing dengan medium sedan era sekarang.
Dengan body yang cukup panjang dan lebar namun tetap fun to drive ciri khas mobil-mobil keluaran honda, mobil ini memiliki kabin yang lega dan interior yang nyaman dikelasnya serta tak ketinggalan bagasi yang sangat luas yang mampu menampung 4 koper besar lebih.
Dilihat dari eksterior, mobil ini tidak membosankan walaupun sudah tua Bangka dengan dimensi yang panjang dan lebar honda sukses menggabungkan 2 unsur luxury dan sporty. Dimensi body yang panjang membuat kesan mobil ini terlihat mewah, lekukan body samping dan headlamp yang sipit membuat mobil ini sangat sporty ditambah tinggi body dan ground clearance mobil ini yang pendek membuatnya semakin bringas melahap jalan lurus maupun tikungan tanpa merasa was-was, karena mobil ini sangat stabil dan nyaman.
Melihat kedalam balik kap mesin juga tidak mengecewakan, dengan mesin berkubikasi 2.200cc dengan kode F22A6 SOHC 4 Cylinder 16 katup yang pas dimasukkan kedalam sedan bongsor ini, dengan output tenaga maksimal 140HP @5.600Rpm dan torsi 193Nm @4500Rpm tak heran jika mobil bongsor ini bisa tetap gesit dan berlari kencang dibandingkan rival-rival di jamannya. Akan tetapi setelah 2 tahun bertarung dengan para rivalnya, mobil ini banyak dikeluhkan oleh penggunanya karena konsumsi bbm nya termasuk boros karena hanya mampu mencatat 5-7Km/L (DALKOT) 8-10Km/L (LUKOT) akan tetapi honda pada jaman itu masih sangat loyal kepada konsumen, honda dengan cepat memberikan jawaban kepada konsumennya dengan melakukan facelift ringan pada eksterior dan perubahan pada mesinnya. Dan pada akhir tahun 1995 honda mengeluarkan Honda Accord cielo Vtech. Dengan ditanamkannya mesin yang berbeda dengan yang sebelumnya yaitu F22B1 SOHC 2.2L 4 CYLINDER 16 KATUP dan dijejalkan teknologi VTECH yang berhasil meningkatkan efisiensi BBM dan tenaga yang meningkat 5HP, total menjadi 145HP untuk versi facelift ini. Dan konsumsi BBM nya menjadi 7-8Km/L (DALKOT) 9-12Km/L (LUKOT).
Membuka pintu dan masuk kedalam hal pertama yang kami rasakan adalah kenyamanan yang setara dengan sedan eropa serta material kualitas tinggi di dalamnya. Pada jaman ini honda tidak pelit untuk masalah interior. Lihat saja dashboard, doortrim dihiasi dengan material soft touch yang berlimpah. Hanya sebagian kecil saja bagian yang ada hard plastic nya.
Jangan berpikir sedan kuno tidak memiliki fitur yang bagus, karena dimobil ini anda mendapat stir yang bisa di naik turunkan, spion yang bisa diatur otomatis dan electric retrack otomatis, power window, jok elektrik untuk naik turunnya, dan tidak lupa AC yang bisa dibuat dingin dan panas yang cocok untuk didaerah pegunungan yang dingin. Tidak sampai disitu karena masih banyak fitur2 lainnya yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu. Akan tetapi untuk keselamatan pengemudi mobil ini masih minim, karena tidak ada airbag sama sekali akan tetapi cedera akibat kecelakaan masih bisa diinimalisirkan berkat kap mesin mobil ini yang panjang sehingga resiko pengemudi terjepit tidak terlalu parah. Seharusnya honda memberikan airbag di mobil ini sehingga keselamatan manusia didalam kabin bisa lebih diminimalisirkan.






Jadi kesimpulannya mobil ini sudah berumur tua akan tetapi kenyamanan nya tidak bisa diremehkan begitupun performa dan modelnya yang abadi. Akan tetapi bila dari anda ada yang naksir dan ingin membeli mobil ini, kami sarankan untuk lebih teliti cek bagian kaki-kaki karena kaki-kaki accord cielo ini terbilang mahal dibanding mobil-mobil era sekarang. Dan lebih baik cari yang tahun 1996/1997 karena bbm lebih ekonomis berkat teknologi Vtech.
Untuk lebih detailnya anda bisa melihat table dibawah ini :
kategori
Cielo non-vtech (1993-1995)
Cielo vtech (1996-1998)
Mesin
F22A6 2.2L SOHC 4 CYLINDER 16 KATUB
F22B1 2.2L SOHC 4 CYLINDER 16 KATUB-VTECH
Tenaga
140HP @5.600Rpm
145HP @5.500Rpm
Torsi
193Nm @4.500Rpm
199Nm @4.500Rpm
Konsumsi BBM
5-7km/L (dalkot) 8-10km/L (lukot)

Perbedaan body eksterior
Grill sewarna body
Sein bemper putih/clear
Lampu belakang model segitiga
Logo honda di kap mesin
Grill chrome dengan logo honda
Sein bemper kuning
Lampu belakang trapezium
Logo honda berada di grill
Velg/ban
Velg palang 7 dengan profil ban 195/60-R15
Velg palang 5 dengan profil ban 195/60-R17
Transmisi
Manual 5 percepatan
Matic 4 percepatan
Manual 5 percepatan
Matic 4 percepatan

Kelebihan
Kekurangan
Model abadi dan mewah
Kaki-kaki cepat rusak
Suku cadang & part modifikasi berlimpah
Suspensi lumayan keras efek handling bagus
ATPM/jaringan service luas
Sparepart mahal
Masih banyak unit yang bagus terawatt (dijamannya mobil bos-bos)
Pajak masih mahal 1993 masih 1,4 jutaan
Handling mantap khas honda
Ground clereance rendah
Fitur lengkap dijamannya
Fitur safety standart tidak ada Airbag
Kabin kedap

Kabin dan bagasi sangat luas

Jok elektrik

Mesin bertenaga dan bandel

AC bisa panas maupun dingin

Jok sudah kulit untuk tipe EX/special edition



0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More