HONDA Accord SV4 (Cielo)
Mercedez benz nya jepang itulah julukan yang cocok buat medium sedan
dari Honda ini, yaitu Honda Accord sv4 atau biasa disebut Accord Cielo.
Dengan dimensi yang termasuk bongsor dikelasnya dan kenyamanan serta
kekedapan kabin di kelasnya mobil ini memang pantas dijuluki mercedez benz nya
jepang.
Yaaa… walaupun mobil ini pertama megaspal di Indonesia sudah sejak tahun
1993 akhir sampai dengan 1998 awal dengan mengalami 1x facelift, akan tetapi
desain body mobil ini tetap terlihat manis dan mewah mengingat umurnya yang 20
tahun lebih tapi tetap bisa bersaing dengan medium sedan era sekarang.
Dengan body yang cukup panjang dan lebar namun tetap fun to drive ciri
khas mobil-mobil keluaran honda, mobil ini memiliki kabin yang lega dan
interior yang nyaman dikelasnya serta tak ketinggalan bagasi yang sangat luas
yang mampu menampung 4 koper besar lebih.
Dilihat dari eksterior, mobil ini tidak membosankan walaupun sudah tua
Bangka dengan dimensi yang panjang dan lebar honda sukses menggabungkan 2 unsur
luxury dan sporty. Dimensi body yang panjang membuat kesan mobil ini terlihat
mewah, lekukan body samping dan headlamp yang sipit membuat mobil ini sangat
sporty ditambah tinggi body dan ground clearance mobil ini yang pendek
membuatnya semakin bringas melahap jalan lurus maupun tikungan tanpa merasa
was-was, karena mobil ini sangat stabil dan nyaman.
Melihat kedalam balik kap mesin juga tidak mengecewakan, dengan mesin
berkubikasi 2.200cc dengan kode F22A6 SOHC 4 Cylinder 16 katup yang pas
dimasukkan kedalam sedan bongsor ini, dengan output tenaga maksimal 140HP @5.600Rpm dan torsi 193Nm @4500Rpm tak heran jika mobil
bongsor ini bisa tetap gesit dan berlari kencang dibandingkan rival-rival di
jamannya. Akan tetapi setelah 2 tahun bertarung dengan para rivalnya, mobil ini
banyak dikeluhkan oleh penggunanya karena konsumsi bbm nya termasuk boros
karena hanya mampu mencatat 5-7Km/L
(DALKOT) 8-10Km/L (LUKOT) akan tetapi honda pada jaman itu masih sangat
loyal kepada konsumen, honda dengan cepat memberikan jawaban kepada konsumennya
dengan melakukan facelift ringan pada eksterior dan perubahan pada mesinnya.
Dan pada akhir tahun 1995 honda mengeluarkan Honda Accord cielo Vtech. Dengan
ditanamkannya mesin yang berbeda dengan yang sebelumnya yaitu F22B1 SOHC 2.2L 4 CYLINDER 16 KATUP dan
dijejalkan teknologi VTECH yang
berhasil meningkatkan efisiensi BBM dan tenaga yang meningkat 5HP, total
menjadi 145HP untuk versi facelift
ini. Dan konsumsi BBM nya menjadi 7-8Km/L
(DALKOT) 9-12Km/L (LUKOT).
Membuka pintu dan masuk kedalam hal pertama yang kami rasakan adalah
kenyamanan yang setara dengan sedan eropa serta material kualitas tinggi di
dalamnya. Pada jaman ini honda tidak pelit untuk masalah interior. Lihat saja
dashboard, doortrim dihiasi dengan material soft touch yang berlimpah. Hanya
sebagian kecil saja bagian yang ada hard plastic nya.
Jangan berpikir sedan kuno tidak memiliki fitur yang bagus, karena
dimobil ini anda mendapat stir yang bisa di naik turunkan, spion yang bisa
diatur otomatis dan electric retrack otomatis, power window, jok elektrik untuk
naik turunnya, dan tidak lupa AC yang bisa dibuat dingin dan panas yang cocok
untuk didaerah pegunungan yang dingin. Tidak sampai disitu karena masih banyak
fitur2 lainnya yang tidak mungkin kami sebutkan satu persatu. Akan tetapi untuk
keselamatan pengemudi mobil ini masih minim, karena tidak ada airbag sama
sekali akan tetapi cedera akibat kecelakaan masih bisa diinimalisirkan berkat
kap mesin mobil ini yang panjang sehingga resiko pengemudi terjepit tidak
terlalu parah. Seharusnya honda memberikan airbag di mobil ini sehingga
keselamatan manusia didalam kabin bisa lebih diminimalisirkan.
Jadi kesimpulannya mobil ini sudah berumur tua akan tetapi kenyamanan
nya tidak bisa diremehkan begitupun performa dan modelnya yang abadi. Akan
tetapi bila dari anda ada yang naksir dan ingin membeli mobil ini, kami
sarankan untuk lebih teliti cek bagian kaki-kaki karena kaki-kaki accord cielo
ini terbilang mahal dibanding mobil-mobil era sekarang. Dan lebih baik cari
yang tahun 1996/1997 karena bbm lebih ekonomis berkat teknologi Vtech.
Untuk lebih detailnya anda bisa melihat table dibawah ini :
kategori
|
Cielo non-vtech (1993-1995)
|
Cielo vtech (1996-1998)
|
Mesin
|
F22A6
2.2L SOHC 4 CYLINDER 16 KATUB
|
F22B1
2.2L SOHC 4 CYLINDER 16 KATUB-VTECH
|
Tenaga
|
140HP
@5.600Rpm
|
145HP
@5.500Rpm
|
Torsi
|
193Nm
@4.500Rpm
|
199Nm
@4.500Rpm
|
Konsumsi
BBM
|
5-7km/L
(dalkot) 8-10km/L (lukot)
|
|
Perbedaan
body eksterior
|
Grill
sewarna body
Sein
bemper putih/clear
Lampu
belakang model segitiga
Logo
honda di kap mesin
|
Grill
chrome dengan logo honda
Sein
bemper kuning
Lampu
belakang trapezium
Logo
honda berada di grill
|
Velg/ban
|
Velg
palang 7 dengan profil ban 195/60-R15
|
Velg
palang 5 dengan profil ban 195/60-R17
|
Transmisi
|
Manual
5 percepatan
Matic
4 percepatan
|
Manual
5 percepatan
Matic
4 percepatan
|
Kelebihan
|
Kekurangan
|
Model abadi dan mewah
|
Kaki-kaki cepat rusak
|
Suku cadang & part
modifikasi berlimpah
|
Suspensi lumayan keras
efek handling bagus
|
ATPM/jaringan service
luas
|
Sparepart mahal
|
Masih banyak unit yang
bagus terawatt (dijamannya mobil bos-bos)
|
Pajak masih mahal 1993
masih 1,4 jutaan
|
Handling mantap khas
honda
|
Ground clereance
rendah
|
Fitur lengkap
dijamannya
|
Fitur safety standart
tidak ada Airbag
|
Kabin kedap
|
|
Kabin dan bagasi
sangat luas
|
|
Jok elektrik
|
|
Mesin bertenaga dan
bandel
|
|
AC bisa panas maupun
dingin
|
|
Jok sudah kulit untuk
tipe EX/special edition
|
0 komentar:
Posting Komentar