Senin, 23 Oktober 2017

Ford everest Gen 2

Ford EVEREST TDCI- Generasi Ke-2  


Ford Everest generasi ke-2 yang semakin macho dengan mesin baru.
Untuk ford Everest generasi kedua ini ford hanya melakukan ubahan yang ringan di segi eksterior dan interior, tapi tidak dengan dapur pacunya karena ford bukan hanya mengubahnya akan tetapi ford benar-benar menanamkan mesin baru di dapur pacunya. Dengan kode mesin MZR-CD Everest ini semakin bertenaga, walaupun masih menggunakan kubikasi sama seperti pendahulunya yakni 2.500cc turbo. Akan tetapi tidak usah khawatir karena ford Everest generasi ini semakin perkasa karena tidak memakai system Turbo Diesel Injection (TDI) seperti pendahulunya, akan tetapi ford menggunakan TDCI Turbo Diesel Comonrail injection dengan modifikasi baling-baling pada kipas turbonya yaitu VGT (Variable Geometry Turbo). Teknologi comonrail sendiri disini bertugas meminimalisirkan getaran dan suara mesin diesel yang di gendongnya, dan terbukti di generasi terbaru ini getaran dan suara mesin dieselnya sangat jauh berbeda dengan pendahulunya, sekarang mobil ini memiliki getaran dan suara mesin yang halus, sedang VGT (variable geometry turbo) nya sendiri bertugas untuk membuat tenaga yang dihasilkannya meningkat dari generasi sebelumnya yang masih menggunakan turbo konvesional. dan sebagai bonusnya bagi penggila siulan turbo, generasi ini memberikan siulan turbo yang merdu.
Dan jika anda berpikir mobil suv sekelasnya yang memakai teknologi VGT/VNT/VGS pertama adalah SUV dari jepang seperti paj*ro sport / Fortun*r VNT . anda salah, karena ada yang lebih dulu yakni ford Everest TDCI dan Chevrolet Captiva Diesel.
Sekarang mari kita bahas perbedaan ford Everest antara generasi pertama dengan kedua prefacelift dan faceliftnya.

EKSTERIOR
Dari segi eksterior tidak ada perubahan yang berarti dengan generasi sebelumnya yang hanya berbeda pada Grill, Headlamp dan bumper serta sedikit ubahan ubahan kecil seperti lubang intake udara yang berada disampingnya. Secara over all dari segi eksterior tidak ada ubahan yang cukup besar tapi tetap menambah aura berotot pada generasi kedua prefacelift ini, dan untuk generasi kedua yang facelift cukup memiliki ubahan pada eksteriornya dengan desain headlamp & stoplamp yang lebih modern, velg yang berubah menjadi 18”, serta air intake dengan model yang unik didalamnya, dan masih banyak lagi perubahan-perubahan lainnya di versi facelift ini.

INTERIOR
Untuk interior yang paling terlihat adalah pada bagian dashboard nya yang sekarang terlihat lebih mewah dan elegan dari versi sebelumnya. Selain itu hanya perbedaan kecil seperti kisi AC , speedometer dan kawan-kawannya. Dan satu lagi yang lebih menonjol yakni sekarang bukan hanya jok nya saja yang menggunakan material kulit, akan tetapi lantai nya sendiri pun sudah dibalut bahan kulit sehingga membuat kabin terasa nyaman, lebih kedap dan mudah dibersihkan.

CHASIS/BODY & KAKI-KAKI
Untuk bagian ini ford masih mempertahankan chasis yang sama dengan generasi sebelumnya yang mengambil basis dari ford ranger yang tangguh, hanya perubahan pada suspensi yang membuat lebih empuk dari sebelumnya dan mengakibatkan body roll semakin terasa dari sebelumnya tapi masih dalam batas weajar sebuah SUV leader frame.
Untuk kualitas plat body ford masih tetap mempertahankan ketebalan plat seperti pendahulunya yang merupakan SUV medium dengan ketebalan plat paling tebal dikelasnya. Sangat bagus dan bijak mengingat harga foed Everest adalah yang paling rendah diantara SUV dikelasnya tapi tetap menggunakan plat body yang tebal disaat para pesaingnya menurunkan ketebalan plat body nya.
Yang paling terlihat jelas ada pada velg nya yang membesar menjadi 18” yang tadinya hanya 16”. Salut buat ford.

Jadi pada kesimpulannya ford Everest generasi kedua ini tetap suv yang value for money dan kualitas yang setara dengan premium suv. Dan tetap bisa meminum bio solar seperti pendahulunya ford everest gen1, tapi kami tegaskan sekali lagi lebih baik PERTAMINA DEX !!!
Dan dengan hadirnya mesin baru yang menggunakan teknologi comonrail dan VGT (variable geometry turbo) membuat mobil ini semakin nyaman dan bertenaga. Akan tetapi mobil ini juga memiliki banyak kekurangan seperti tidak adanya multimedia yang canggih seperti rivalnya bahkan audio stering switch pun tak ada. Dan Ford akan menyempurnakannya di generasi ke-3 The All New Ford Everest 2.2L di tahun 2016. Untuk lebih detailnya silahkan lihat table & gambar dibawah ini.







Mesin
MZR-CD 2.5L TDCI DuratorQ 4 silinder segaris dengan Turbo Diesel VGT(variable geometry turbo)
Tenaga
153 HP @3.500 Rpm
Torsi
370Nm @ 1.800Rpm
Konsumsi BBM
9-10KM/L (DALKOT), 10-14KM/L (LUKOT)
Transmisi
5 speed manual, 5 speed otomatis
Sistem penggerak
4X2, 4X4
Suspensi
Depan double wishbone, belakang per daun rigid plus stabilizer
Penjualan
2007-2015







KELEBIHAN
KEKURANGAN
Body kokoh dan plat tebal
Bantingan lumayan keras
Model gagah dan macho
ATPM sudah hengkang dari indonesia
Kualitas interior dan eksterior bagus
Turbo lag masih terasa
Kabin kedap
Rem belakang masih tromol
Interior luas dan bagasi luas
Body terlalu panjang (susah parkir)
Tenaga dan torsi besar
Pajak masih mahal
Body roll minim
Bangku baris ketiga sempit untuk orang dewasa dengan tinggi badan diatas 165cm
Hemat bbm dan bisa minum bio solar
Tenaga & torsi kalah dengan pajero sport dakkar VGT (sama-sama 2.500 cc turbo diesel VGT)
Perawatan mudah (substitusi panther)

Sudah menggunakan turbo berjenis VGT

Turbo lag  minim

Mempunyai kemampuan jelajah off road terbaik di kelasnya (4X4)




1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More